Selasa, 19 November 2013

vega zr modif




wilujeng wengi...selamat malem...good night....mas bung...eh mas brow...hehe... , permohonan maap dulu kepada sluruh fans....hhhh..maksuta teman teman yang tak bisa saya sebutkan satu persatu yang telah mampir,modif,ataupun sharing2 ke bengkel mbah dukun, kami segenap crew cahaya motor" berterimakasih bgt pada kalian yang udah percaya memodifkan mesinya kepada kami untuk berkembang bersama memajukan dunia otomotif indonesia. Mari kita mulai...mainkan musiknya....sesak seseng pass...sesak sedeng pass....hehehe.... Kali ini sesuai permintaan teman kmi yang memodifkan alias ngorek mesin motor vega zr di bengkelnya cahaya motor , saya postingkan sedikit dongeng sebelum bobo....hhhh.....hayyyahhh..... Vega zr motor irit yang emang dibikin buat motor kluarga oleh yamaha, disalah gunakan oleh seorang empunya. Hehe....lanjuuud.....vega zr dengan panjang stroke bandul 57,8mm perpotensi mengatrol tenaga dengan enteng walau rpm masih rendah,piston standar 50mm imut imut dan low kompresi kompak dalam mesin yang irit...... Lantas apa jadinya jika memang ternyata bore x stroke sama dengan yamaha mio....aduh aduh....berati plek ni...mio tapi pake transmisi....hhhh..... Jadi ga sulit buat vega zr dibuat agak nyalai kodratnya jadi motor gaul...heheh...gaul ama mbah dukun jadi mawutt tu tar mesinya...hehe... Oke....klep in 23mm dan out 20mm,walau imut...hehe jangan salah,bisa melibas fu tar malah bengong plus malu tu yang naek fu nya... Klep in dan out  dipapas 1mm pada bagian payungnya, batang klep kna potong 0,25mm pada diameter pangkalnya alias katanya itu back cut valve namanya, saya mah taunya ngorek gitu aja,saya nalar,logika...jdi gak dong bahasa ilmiahnya....hhhh....katrok. Letak klep ditata ulang dengan jarak 3,8mm biar tetep adem mesinya...hehe...lubang inlet melebar 24mm kedalam dengan sudut landai...memfokuskan aliran campuran bahan bakar plus udara kedalam ruang bakar jadi makin deras, lubah outlet melebar 23mm,ruang bakar ditata ulang dengan mengecor head pada squishnya, jadi model bath up walau klep kecil...hehehe....piston cukup dengan piston kaze blit joy 56mm dengan pengecoran kembali atapnya sehingga menjadi dum yang indah...dan mantap menghajar isi ruang bakar menjadikan kompresi melonjak,noken as special mbah dukun berperan disini, noken standar diubah jadi racing,jadi part standart pun bisa menunjang dalam mengorek mesin kita bung,karburator standar reamer 22mm n skep suzuki tornadopun terbenam menggantikan skep standat vega zr,jadi masih kliatan standar dar...hhhhh....mbikin gemes larinya.... Pengapian cukup ditunjang cdi rextor unlimiter Kampas kopling ori,sentrifugal dibenerin lagi biar ga slip kopling...karna ni motor g pake kopling tangan....final gear 15/43 pun cuma saya ganti jadi 15/41,knalpot variasi, header bikinan cahaya motor,kelar dengan smua pembenahan mesinya akhirnya waktunya ngetes...tes...tesss... Hehe penasaran skalian aja jajalnin ama fu standar cdi brt, hehe Start....fu melesat duluan,baru pada oper gigi 3pun veganya nyamain lari tu fu, molor ampe 201mm veganya ninggalin ntu fu...hehe...wah lum beres ni,masih kurang cepet awalanya,seting lagi biar lebih responsif iseng iseng jarak deketan 201m hehe.Nah ada tips nih bagi yg ingin bore up :1. Usahakan pake piston dan ring piston yg ori,khususnya yg sering jarak jauh. 2. Lebih baik belanja sendiri biar g ditipu bengkel 3. Cari bengkel yg emang bener2 bengkel balap, biasanya nama bengkel ada embel2 speed, soalnya ahli dalam hitungan supaya aman, misal kompresi 4. Klo cuma ada bengkel biasa gpp, yg penting bisa melayani turun mesin. :D 5. Bore up bisa pake seher 53 sampai 70 asal pen piston 13, tapi part lain mengikuti diganti seperti klep, karbu dan knalpotNih rincian bore up ane :1. Belanja -piston kaze 42.000 -ring piston 63.000 -pen piston 13.000 Total 118.0002. Bengkel -colter 35.000 -bubut  seher 30.000 -pasang 50.000 Total 115.000Nah jadi totalnya 118.000+115.000 = 233.000Tetep positif thingking biar bisa modif yang bener,ga asal asalan...hehe....monggo mampir gubug kami,konsultasi juga monggo,kami terbuka buat sapa aj. chaya motoradmin robie jhanson


Tidak ada komentar:

Posting Komentar