vega zr modif
wilujeng
wengi...selamat malem...good night....mas bung...eh mas brow...hehe...
, permohonan maap dulu kepada sluruh fans....hhhh..maksuta
teman teman yang tak bisa saya sebutkan satu persatu yang telah
mampir,modif,ataupun sharing2 ke bengkel mbah dukun, kami segenap crew cahaya
motor" berterimakasih bgt pada kalian yang udah percaya memodifkan mesinya
kepada kami untuk berkembang bersama memajukan dunia otomotif indonesia.
Mari kita mulai...mainkan musiknya....sesak seseng pass...sesak sedeng
pass....hehehe....
Kali ini sesuai permintaan teman kmi yang memodifkan alias ngorek mesin motor vega zr di
bengkelnya cahaya motor , saya postingkan sedikit dongeng sebelum
bobo....hhhh.....hayyyahhh.....
Vega zr motor irit yang emang dibikin buat motor kluarga oleh yamaha, disalah
gunakan oleh seorang empunya.
Hehe....lanjuuud.....vega zr dengan panjang stroke bandul 57,8mm perpotensi
mengatrol tenaga dengan enteng walau rpm masih rendah,piston standar 50mm imut
imut dan low kompresi kompak dalam mesin yang irit......
Lantas apa jadinya jika memang ternyata bore x stroke sama dengan yamaha mio....aduh
aduh....berati plek ni...mio tapi pake transmisi....hhhh.....
Jadi ga sulit buat vega zr dibuat agak nyalai kodratnya jadi motor
gaul...heheh...gaul ama mbah dukun jadi mawutt tu tar mesinya...hehe...
Oke....klep in 23mm dan out 20mm,walau imut...hehe jangan salah,bisa melibas fu
tar malah bengong plus malu tu yang naek fu nya...
Klep in dan out dipapas 1mm pada bagian payungnya, batang klep kna potong
0,25mm pada diameter pangkalnya alias katanya itu back cut valve namanya, saya mah taunya ngorek gitu aja,saya
nalar,logika...jdi gak dong bahasa ilmiahnya....hhhh....katrok.
Letak klep ditata ulang dengan jarak 3,8mm biar tetep adem mesinya...hehe...lubang inlet
melebar 24mm kedalam dengan sudut landai...memfokuskan aliran campuran bahan
bakar plus udara kedalam ruang bakar jadi makin deras, lubah outlet melebar
23mm,ruang bakar ditata ulang dengan mengecor head pada squishnya, jadi model
bath up walau klep kecil...hehehe....piston cukup dengan piston kaze blit joy
56mm dengan pengecoran kembali atapnya sehingga menjadi dum yang indah...dan
mantap menghajar isi ruang bakar menjadikan kompresi melonjak,noken as special
mbah dukun berperan disini, noken standar diubah jadi racing,jadi part standart
pun bisa menunjang dalam mengorek mesin kita bung,karburator standar reamer
22mm n skep suzuki tornadopun terbenam menggantikan skep standat vega zr,jadi
masih kliatan standar dar...hhhhh....mbikin gemes larinya....
Pengapian cukup ditunjang cdi rextor unlimiter
Kampas kopling ori,sentrifugal dibenerin lagi biar ga slip kopling...karna ni
motor g pake kopling tangan....final gear 15/43 pun cuma saya ganti jadi
15/41,knalpot variasi, header bikinan cahaya motor,kelar dengan smua pembenahan
mesinya akhirnya waktunya ngetes...tes...tesss...
Hehe penasaran skalian aja jajalnin ama fu standar cdi brt, hehe
Start....fu melesat duluan,baru pada oper gigi 3pun veganya nyamain lari tu fu,
molor ampe 201mm veganya ninggalin ntu fu...hehe...wah lum beres ni,masih
kurang cepet awalanya,seting lagi
biar lebih responsif iseng iseng jarak deketan 201m hehe.Nah
ada tips nih bagi yg ingin bore up :1.
Usahakan pake piston dan ring piston yg ori,khususnya yg sering jarak jauh.
2. Lebih baik belanja sendiri biar g ditipu bengkel
3. Cari bengkel yg emang bener2 bengkel balap, biasanya nama bengkel ada embel2
speed, soalnya ahli dalam hitungan supaya aman, misal kompresi
4. Klo cuma ada bengkel biasa gpp, yg penting bisa melayani turun mesin.
5. Bore up bisa pake seher 53 sampai 70 asal pen piston 13, tapi part lain
mengikuti diganti seperti klep, karbu dan knalpotNih
rincian bore up ane :1.
Belanja
-piston kaze 42.000
-ring piston 63.000
-pen piston 13.000
Total 118.0002.
Bengkel
-colter 35.000
-bubut seher 30.000
-pasang 50.000
Total 115.000Nah
jadi totalnya
118.000+115.000 = 233.000Tetep
positif thingking biar bisa modif yang bener,ga asal asalan...hehe....monggo
mampir gubug kami,konsultasi juga monggo,kami terbuka buat sapa aj. chaya motoradmin
robie jhanson
Tidak ada komentar:
Posting Komentar